Emas Turun Tajam Bulan ini Terkait Kenaikan Pembangunan Perumahan di AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas berjangka turun tajam pada bulan ini setelah tanda-tanda kenaikan untuk perumahan AS menghidupkan kembali kekhawatiran bahwa pembuat kebijakan bisa segera menaikkan suku bunga.

Laporan swasta menunjukkan kepercayaan pembangunan rumah AS mencapai satu dekade tertinggi, meningkatkan spekulasi sektor industri dapat tetap solid untuk bulan-bulan mendatang. Pekan lalu, angka menunjukkan perbaikan sentimen konsumen dan menandakan pasar tenaga kerja yang kuat. Pedagang terus mengikuti indikator ekonomi sebagai petunjuk pada saat Federal Reserve akan menaikkan suku bunga, yang memotong daya tarik emas karena tidak membayar bunga.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,9% untuk menetap di $ 1,172.80 per ons pada pukul 1:38 siang di Comex New York, penurunan terbesar sejak 30 September lalu. Harga turun setelah anjlok 0,4% pada hari Jumat, penurunan back-to-back pertama dalam dua minggu.

Kepemilikan pada ETP berbasis emas pada hari Jumat turun 5,4 metrik ton, memangkas kenaikan minggu ini menjadi 8,3 ton, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Sementara kepemilikan telah naik dalam empat dari lima minggu terakhir, masih tetap turun hampir 4% dalam tahun ini menjadi 1,537.33 ton.

Perak berjangka untuk pengiriman Desember turun 1,7% ke level $ 15,841 per ons di Comex, pelemahan terbesar sejak 8 Oktober.(frk)

Sumber: Bloomberg