Emas Turun Setelah Saham-Saham Lanjutkan Gain

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas turun karena saham Asia kembali keuntungan dan kemungkinan kenaikan suku bunga AS naik setelah sebuah laporan pada hari Jumat menunjukkan pick-up di inflasi.

Bullion untuk pengiriman segera turun sebanyak 1 persen menjadi $ 1,214.83 per ons, dan diperdagangkan di $ 1,217.39 pada pukul 1:35 siang di Singapura, menurut Bloomberg. Bullion melemah 0,9 persen pekan lalu karena Indeks MSCI Asia Pacific naik 5,9 persen, terbesar sejak Desember 2011. Indeks saham menambah lagi 0,6 persen pada hari Senin.

Setelah tiga kali kerugian tahunan, emas telah meningkat 15 persen dalam tahun ini terhadap tanda-tanda pelemahan dalam ekonomi global dan merosotnya harga komoditas. Laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan biaya hidup di AS tidak termasuk makanan dan bahan bakar meningkat pada bulan Januari yang terbesar dalam lebih dari empat tahun, menahan ekspektasi bahwa kondisi ekonomi bisa bertahan dari kenaikan suku bunga kedua dalam siklus ini, yang merupakan negatif untuk aset seperti emas yang tidak membayar bunga.

Perak untuk pengiriman segera melemah 0,8 persen, sementara platinum turun 0,6 persen dan paladium turun 0,4 persen.(frk)

Sumber: Bloomberg