Emas Terus Meredup Menuju Penurunan Mingguan Terbesar

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas menuju penurunan mingguan terbesar sejak November lalu seiring menurunnya permintaan untuk aset haven seiring pemulihan dalam ekuitas.

Bullion untuk pengiriman segera turun 0,2 % ke level $ 1,076.37 per ons dan berada di level $ 1,078.09 pada pukul 9:35 pagi waktu Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Logam mulia ini turun 2,3 % selama minggu ini setelah kemarin merosot 1,4 %, penurunan terbesar sejak 17 Desember. Pekan lalu, naik 4,1 %.

Emas telah berayun di tahun 2016 seiring para investor pertama berbondong-bondong menuju logam mulia untuk penyimpan nilai di tengah gejolak di China dan sebagian besar komoditas, kemudian kembali untuk meningkatkan risiko. Saham di Asia rally dari level 3 tahun terendah pada Jumat ini menyusul rebound di ekuitas AS.

Federal Reserve AS dapat meningkatkan suku bunga lebih lanjut sebanyak tiga kali pada tahun ini dan penguatan mata uang dolar adalah “masih mendasari pandangan bearish secara keseluruhan untuk emas yang dapat menyentuh level $ 950 pada akhir tahun,” menurut Gan dalam sebuah e-mail pada hari Jumat. (knc)

Sumber : Bloomberg