Emas Tertekan Kelevel 3 Bulan Terendah Ditengah Spekulasi Suku Bunga The Fed

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas ditransaksikan dekati level 3 bulan terendahnya pada spekulasi bahwa penurunan harga akan mendorong pembelian seiring para investor menilai meningkatnya ekonomi AS dan prospek biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Bullion untuk pengiriman segera berayun sebesar 0,1 persen sebelum ditransaksikan di level $ 1,256.51 per ons pukul 2:17 siang waktu Singapura dari level sebelumnya $ 1,255.47 kemarin, menurut Bloomberg harga generik. Sementara Logam melemah ke level $ 1,247.60 kemarin, yang merupakan level terendahnya sejak 6 Juni lalu terkait Indeks Spot Dollar Bloomberg naik ke level 14 bulan tertingginya. Indeks RSI 14-hari untuk emas mencapai level 3 bulan terendahnya dari level sebelumnya sebesar 33,42 pada 8 September kemarin. Pada level 30 beberapa investor menyarankan bahwa harga mungkin bersiap untuk rebound.

Rilis data pekan ini mungkin menunjukkan penjualan ritel AS menguat ke level tertinggi dalam 4 bulan terakhir pada bulan Agustus lalu dan aplikasi pertama kali untuk tunjangan pengangguran jatuh sampai 6 September kemarin, mendukung kasus Federal Reserve untuk meningkatkan tingkat suku bunga pertama kalinya sejak 2006 silam. The Fed, yang telah memegang tingkat suku bunga acuan mendekati nol sejak 2008 lalu, selanjutnya bertemu pada tanggal 16-17September mendatang.

Emas untuk pengiriman bulan Desember naik sebesar 0,7 persen ke level??$ 1.257 per ons di Comex di New York, setelah kemarin turun ke level $ 1,248.10, level terendahnya sejak 6 Juni lalu. Holdings di SPDR Gold Trust, produk yang diperdagangkan di bursa terbesar didukung oleh emas, merosot sebesar 1,2 persen atau sebesar 785,72 ton pekan lalu, level tertingginya sejak 2 Mei lalu, menurut rilis data pada website perusahaan. (knc)

Sumber : Bloomberg