Emas tergelincir terkait penguatan dolar

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – Emas diperdagangkan dalam kisaran tipis pada hari Jumat setelah menyentuh level terendah dalam lebih dari dua bulan pada sesi sebelumnya, dengan dolar yang stabil setelah data manufaktur AS yang lemah meningkatkan keraguan tentang kekuatan ekonomi menjelang rilis data payrolls AS, yang mana data ekonomi tersebut merupakan data yang paling dipantau pasar.

Spot emas kehilangan 0,3 persen untuk ebrada di level $ 1,310.23 per ounce pada pukul 07:06 waktu GMT. Logam kuning ini kemarin menyentuh level terendah sejak 24 Juni di level $ 1,301.91 dan berada di jalur untuk kerugian mingguan kedua beruntun-nya.

Kenaikan pada angka nonfarm payrolls pada hari Jumat akan memperkuat pandangan bahwa kenaikan suku bunga AS mungkin akan dilakukan, setelah para pejabat Fed mengeluarkan nada yang hawkish pada pertemuan akhir pekan lalu. ( reuters )

Sesi Eropa – Pasar Pantau Data AS, Emas Tergelincir Rendah

Harga emas tergelincir lebih rendah pada Jumat (2/9), setelah pasar mengalihkan perhatiannya ke laporan upah pekerjaan AS mengenai petunjuk lebih lanjut apakah Federal Reserve akan menaikkan suku bunganya di tahun ini.

Di divisi Comex Bursa Perdagangan New York, emas berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,24% pada $1,314.05, memantul dari tertinggi empat hari di 1,319.45 yang disentuh semalam.

Kontrak Desember berakhir di sesi Kamis 0,43% lebih tinggi pada $1,317.10 per ounce.

Emas kemungkinan besar akan temukan support di $1,301.50, Kamis terendah dan terendah lebih dari dua bulan dan resistance pada $1,340.50, tertinggi 26 Agustus.

Harga emas menguat singkat berkat dolar AS yang lebih lemah setelah Institute for Supply Management mengatakan pada hari Kamis bahwa indeks aktivitas manufaktur turun menjadi 49,4 bulan lalu dari pembacaan bulan Juli di 52,6.

Angka itu merupakan yang terburuk sejak Januari dan meleset dari harapan untuk sedikit penurunan menjadi 52,0.

Laporan itu muncul tak lama setelah data menunjukkan bahwa klaim pengangguran awal AS meningkat 2.000 menjadi 263.000 di pekan lalu, dibandingkan dengan ekspektasi kenaikan 4.000 ke 265.000.

Pelaku pasar kini mengamati laporan upah non-pertanian di hari Jumat untuk indikasi lebih lanjut tentang kekuatan pasar tenaga kerja setelah Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer mengatakan di awal minggu ini bahwa pasar tenaga kerja AS hampir dengan kekuatan penuh dan bahwa laju kenaikan suku bunga akan tergantung data selanjutnya.

Emas sensitif terhadap pergerakan suku bunga AS. Kenaikan bertahap tingkat suku bunga yang lebih tinggi dipandang kurang mengancam harga emas daripada serangkaian peningkatan yang cepat.

Di tempat lain dalam perdagangan logam, perak berjangka untuk pengiriman September turun tipis 0,16% pada $18,913 per troy ounce, sementara tembaga berjangka untuk pengiriman September menguat 0,65% ke $2,089 per pon. ( http://id.investing.com )

 

PT RIFAN FINANCINDO