Emas Tahan Penurunan Terkait Spekulasi Suku Bunga AS Diikuti Pertumbuhan Global

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas tahan penurunan pasca penurunan tiga harinya karena para investor mengkaji outlook suku bunga AS yang lebih tinggi terhadap meredanya prospek ekonomi global jelang pertemuan Federal Reserve pekan ini.

Bullion untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,2% menjadi $ 1,162.25 per ons dan berada di level $ 1,164.65 pada 10:37 pagi di Singapura, menurut harga Bloomberg. Logam ini merosot ke level $ 1,159.05 pada hari Jumat, level terendah sejak 13 Oktober, karena dolar melonjak.

Investor emas mengkaji The Fed untuk melihat ketika biaya pinjaman akan mulai naik untuk pertama kalinya sejak tahun 2006, diikuti dengan para otoritas memulai pertemuan dua harinya di Washington, pada Selasa. Sementara bank sentral AS mengkaji laju pertumbuhan, inflasi dan Data pasar tenaga kerja untuk memutuskan apakah akan mengetatkan kebijakannya, Bank Sentral China memangkas suku bunganya pekan lalu serta Presiden ECB Mario Draghi mengisyaratkan bahwa ia akan meningkatkan stimulus. Dolar membukukan kenaikan mingguan tertajam sejak Mei pekan lalu.(yds)

Sumber: Bloomberg