Emas Tahan Pelemahan Pasca Data Inflasi AS Serta Rapat G-20

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas berada pada penurunan setelah data inflasi AS yang lebih baik dari perkiraan serta komentar dari pertemuan G-20 di China yang mendorong selera investor terhadap risiko. Indeks saham Asia naik.

Bullion untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,6% menjadi $ 1,216.14 per ons sebelum mendatar di $ 1,223.90 pada 09:22 pagi di Singapura, menurut harga Bloomberg. Logam ini turun 0,8% pada hari Jumat.

Meskipun menteri keuangan AS tidak memberikan rencana stimulusnya beberapa investor berharap di Shanghai, pemerintah G-20 berkomitmen untuk melakukan lebih ketika mendukung pertumbuhan. Sementara itu, ekonomi AS tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal keempat, sementara Indeks inflasi meningkat tajam sejak Oktober 2014, perusahaan pemberi pinjaman mendukung Federal Reserve untuk lebih meningkatkan suku bunga pinjaman.

Emas mencatat gain sebesar 15% di tahun ini yang merupakan kinerja terbaik pada aset utama di 2016 karena investor meencari aset haven di tengah gejolak di ekuitas dan pasar mata uang global.(yds)

Sumber: Bloomberg