Emas Tahan Gain, Saham Asia Bervariasi

RIFANFINANCINDO – Saham Jepang turun, dengan indeks Topix menghentikan kenaikan beruntun terpanjangnya dalam sembilan bulan, karena sektor eksportir dan perbankan merosot.

Indeks Topix turun 0,6% menjadi 1.323 pada istirahat perdagangan di Tokyo setelah naik selama enam hari berturut-turut. Nikkei 225 Stock Average menurun 0,7% setelah diperdagangkan 5,9% di atas rata-rata pergerakan 25 hari pada Selasa. Nintendo Co turun menyusul lonjakan lebih dari 120% terkait penggila Pokemon Go di seluruh dunia. Game mobile dijadwalkan akan dirilis di Jepang pada hari Rabu, TechCrunch melaporkan.

Saham dual Hong Kong diperdagangkan pada diskon sempit untuk rekan-rekan saham China daratan sejak Oktober karena valuasi murah di kota memikat investor.

Indeks Hang Seng China AH Premium turun 0,7% pada 10:37 pagi waktu setempat, dan mengisyaratkan ekuitas Hong Kong-diperdagangkan adalah 22% lebih murah daripada di Shanghai atau Shenzhen. Indeks saham China di Hong Kong naik 0,5%, sedangkan Shanghai Composite berayun antara keuntungan dan kerugian. China Petroleum & Chemical Corp menguat tajam dalam sepekan di Hong Kong, sementara A-share turun.

Hang Seng China Enterprises berada di jalur untuk kenaikan ketujuh dalam delapan hari, senilai 7,4 kali laba 12-bulan yang diproyeksikan, 43% di bawah beberapa Shanghai Composite, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg. Indeks S&P 500 tergelincir pada hari Selasa dari tingkat rekor setelah campuran laporan pendapatan perusahaan.

Indeks H share diperdagangkan pada 9,037.01 di Hong Kong, sedangkan Shanghai Composite turun 0,1% menjadi 3,032.53. Indeks Hang Seng naik 0,8%, mengambil kenaikan nya dari terendah Februari untuk 19% saat mendekati bull market. (yds)

Emas mencatat penguatan karena saham Asia turun dari level mendekati tiga bulan tertingginya di tengah kekhawatiran bahwa prospek ekonomi memburuk, sehingga meningkatkan permintaan untuk aset havens.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan pada $1,332.95 per ons pada 9:54 pagi di Singapura, dari $1,332.01 pada Selasa, ketika naik 0,2%, menurut harga Bloomberg.

Emas telah reli 26% tahun ini karena investor melirik aset haven di tengah volatilitas di pasar finansial dan gejolak didorong oleh voting U.K. untuk meninggalkan Uni Eropa. Dana Moneter Internasional membatalkan proyeksi kenaikan pertumbuhan global tahun ini, mengutip Brexit. Sementara spekulasi pada kenaikan suku bunga Federal Reserve telah merangkak naik bulan ini ditengah membaiknya data AS.(yds)

Sumber: Bloomberg

PT Rifan Financindo

RifanFinancindo

Disclaimer: Semua informasi yang terdapat dalam website kami ini hanya bersifat informasi saja. Kami berusaha menyajikan berita terbaik, namun demikian kami tidak menjamin keakuratan dan kelengkapan dari semua informasi atau analisa yang tersedia. Kami tidak bertanggung jawab terhadap semua kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang dialami oleh pembaca atau pihak lain akibat menggunakan informasi dari website kami ini. Kami berhak mengatur dan menyunting isi saran atau tanggapan dari pembaca atau pengguna agar tidak merugikan orang lain, lembaga, ataupun badan tertentu serta menolak isi berbau pornografi atau menyinggung sentimen suku, agama dan ras.