Emas Stabil Setelah Komentar Dovish The Fed

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO

RIFAN FINANCINDO – Emas sedikit lebih tinggi pada hari Selasa setelah pejabat Federal Reserve memadamkan ekspektasi kenaikan suku bunga AS pada pertemuan minggu depan.

Spot emas naik sekitar 0,2 persen ke $ 1,328.52 per ons pada pukul 07:56 WIB.

Emas berjangka AS naik 0,5 persen ke $ 1,332.40 per ons.

The Fed harus menghindari menghapus dukungan bagi ekonomi AS terlalu cepat, Gubernur Lael Brainard mengatakan pada hari Senin dalam komentar yang memantapkan pandangan bank sentral akan meninggalkan suku bunga tidak berubah pada minggu depan.

Pedagang memangkas peluang mereka untuk kenaikan suku bunga di bulan September sampai 15 persen dari 24 persen pada hari Jumat, menurut CME Group. ( Reuters )

Bursa Asia Menguat Terkait Komentar Dovish The Fed

Bursa saham Asia menguat, mengikuti rebound tajam dalam saham AS sejak Juli lalu, setelah pembuat kebijakan Federal Reserve Lael Brainard melanjutkan nada dovish dalam pendekatannya ke kebijakan moneter AS yang lebih ketat, mendorong keinginan untuk aset berisiko.

Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,5 persen menjadi 138,37 pada pukul 09:06 pagi di Tokyo, menutup beberapa kerugian terbesar pada hari Senin sejak Juni. Indeks S&P 500 naik 1,5 persen setelah Brainard mengatakan ia melihat tidak ada alasan untuk terburu-buru dalam menaikkan suku bunga karena sekarang tampaknya ada sedikit kebutuhan untuk bersandar terhadap melebihi inflasi atau pekerjaan. Pandangannya mengikuti pejabat The Fed Eric Rosengren, yang mengatakan pekan lalu bahwa perekonomian bisa terlalu panas jika mereka menunggu terlalu lama untuk menaikkan suku bunga, memacu penurunan global dalam ekuitas.

Komentar Brainard muncul setelah pasar keuangan tersentak dari periode yang relatif tenang terhadap kekhawatiran beberapa pejabat bank sentral global telah mulai mempertanyakan kemampuan kebijakan moneter yang longgar untuk memicu pertumbuhan harga dan mendukung ekspansi ekonomi.

Pasar saham China belum dibuka menjelang data ekonomi dari perekonomian terbesar di kawasan itu. Kontrak pada indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,7 persen dalam perdagangan terbaru mereka, sementara kontrak pada Indeks FTSE Cina A50 menambahkan sekitar 1 persen. ( Bloomberg )

RIFAN FINANCINDO