Emas relatif stabil ditengah ketegangan Ukraina; fokus pada permintaan fisik Asia

RIFAN FINANCINDO-Singapura – Harga emas relatif bergerak stabil pada Jumat pagi yang didukung oleh ketegangan geopolitik di Ukraina, dengan investor yang mulai focus kepada pengamatan aliran dana dan permintaan fisik dari Asia untuk isyarat perdagangan lebih lanjut.

Spot emas tercatat sedikit berubah di $ 1,288.51 per ounce pada pukul 07:22 WIB. Logam ini telah turun 0,9 persen selama sepekan – penurunan mingguan kedua beruntun.

Separatis pro-Moskow di Ukraina timur mengabaikan seruan publik dari Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menunda referendum atas otoritas pemerintahan sendiri dan menyatakan bahwa mereka akan tetap menjalankan pemungutan suaran pada hari Minggu yang dapat menyebabkan perang sipil kembali.

Keputusan tersebut bertentangan dengan nada menenangkan dari Putin dan menyebabkan kekhawatiran di pihak Barat bahwa referendum tersebut akan memecah wilayah Ukraina.

Permintaan fisik di Asia relatif lebih sepi di beberapa pekan terakhir dan para investor berharap bahwa harga yang lebih rendah akan memikat hati konsumen, terutama dari konsumen terbesar dunia saat ini, China. (brc)

Sumber: Reuters