Emas Pertahankan Penurunan Jelang Rilis Laporan Pekerjaan AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Emas pertahankan penurunan dua hari jelang rilis laporan tenaga kerja AS yang diharapkan dapat memberikan petunjuk lebih lanjut pada saat Federal Reserve akan menaikkan tingkat suku bunga. Palladium memperpanjang rebound dari level terendah dua tahun.

Bullion untuk pengiriman segera berada di level $ 1,168.22 per ons pada pukul 8:41 pagi di Singapura dari $ 1,168.79 pada hari Kamis kemarin, saat harga turun 0,3%, menurut Bloomberg generic pricing. Pada hari Selasa yang lalu harga logam mulia turun ke level $ 1,166.99, terendah sejak 5 Juni.

Harga logam mulia telah turun 1,3% dalam tahun ini setelah prospek biaya pinjaman AS yang lebih tinggi dan penguatan dolar melebihi kekhawatiran bahwa Yunani mungkin keluar dari euro. Perusahaan-perusahaan Amerika menambahkan tenaga kerja pada bulan Juni, menurut survei swasta pada hari Rabu, jelang laporan Departemen Tenaga Kerja hari ini. Indeks Bloomberg Dollar Spot naik ke level tertinggi dalam lebih dari tiga minggu.

Data non-farm payrolls pada hari Kamis diprediksi akan menunjukkan bahwa pengusaha menambahkan lebih dari 200.000 pekerjaan untuk ke 15 kalinya dalam 16 bulan terakhir, menurut survei Bloomberg. Suku bunga yang lebih tinggi dan dolar yang kuat cenderung mengekang daya tarik emas, yang umumnya menawarkan pengembalian hanya melalui kenaikan harga.

Sementara berjangka untuk pengiriman Agustus turun 0,2% ke level $ 1,167.40 per ons di Comex. Perak untuk pengiriman segera sedikit berubah di level $ 15,5635 per ons setelah turun dalam lima hari terakhir.(frk)

Sumber: Bloomberg