Emas Pertahankan Gain Terpanjang Sejak Oktober terkait Permintaan Haven

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas mempertahankan rentetan kenaikan terpanjang sejak Oktober seiring investor berbondong-bondong ke aset haven di tengah aksi jual di pasar saham global dan setelah Korea Utara mengatakan menguji bom hidrogen.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan sedikit berubah pada level $ 1,092.80 per ounce pada pukul 8:56 pagi waktu Singapura, menurut harga publik Bloomberg. Logam ini naik 3,1 persen dalam tiga hari terakhir dan menyentuh level $ 1,095.28 pada hari Rabu, yang merupakan level tertinggi sejak 16 November.

Start terburuk tahunan untuk ekuitas global sejak tahun 2000, mata uang Cina melemah, serta klaim tes bom dan ketegangan antara Arab Saudi dan Iran telah meningkatkan daya tarik emas sebagai penyimpan nilai. Mereka juga sudah mengirim indeks dolar ke level tertinggi dalam lebih dari satu dekade. Investor mencermati laporan pertemuan Federal Open Market Committee pada bulan Desember, yang dirilis kemarin, yang menunjukkan konsentrasi Fed pada inflasi sebagai indikator kunci untuk menentukan laju kenaikan suku bunga. (sdm)

Sumber: Bloomberg