Emas Pertahankan Gain seiring Pedagang dalam Mode Risk-Off Pasca Gejolak Ekuitas

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas mempertahankan gain seiring kemenangan di ekuitas global, dinyalakan oleh kekhawatiran atas perlambatan pertumbuhan ekonomi, dan ketegangan antara Arab Saudi dan Iran menyebabkan kembalinya aset haven.

Bullion untuk pengiriman segera berada 0,1 persen lebih tinggi pada level $ 1,075.91 per ounce pada pukul 9:38 pagi waktu Singapura, menurut harga publik Bloomberg, setelah naik 1,3 persen sehari sebelumnya.

Ekuitas global memiliki awal terburuk mereka untuk tahun di setidaknya tiga dekade setelah bukti perlambatan manufaktur di Cina memicu sell-off yang menghentikan perdagangan di Shanghai pada hari Senin. Eksekusi 47 laki-laki oleh Arab Saudi pada akhir pekan telah memicu ketegangan yang meningkat dengan rival Iran. Dua faktor yang membantu emas, yang dianggap sebagai penyimpan nilai selama pasar dan gejolak geopolitik.

Federal Open Market Committee diharapkan untuk secara bertahap memperketat kebijakan moneter AS sepanjang tahun. Emas kehilangan 10 persen pada tahun 2015 untuk penurunan tahunan ketiga setelah Fed meningkatlan suku bunga acuan AS untuk pertama kalinya sejak 2006, meningkatkan dolar dan meredam selera membeli untuk logam, yang tidak mampu membayar bunga. (sdm)

Sumber: Bloomberg