Emas Pengkas Kenaikan Mingguan Terbaik Sejak Januari

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Emas turun dari level tertingginya dalam 12 pekan terakhir, memangkas kenaikan mingguan terbesar sejak Januari lalu karena investor menimbang apakah Federal Reserve akan menunda meningkatkan suku bunga pasca bervariasinya data ekonomi AS.

Bullion untuk pengiriman segera turun sebesar 0,2 persen ke level $1,218.95 per ons pukul 14:35 di Singapura, menurut harga generik Bloomberg. Emas naik ke level $1,227.26 pada hari Kamis kemarin, tertinggi sejak 17 Februari lalu, dan mencatat kenaikan menjadi 2,6 persen pekan ini. Emas di Shanghai naik ke level tertingginya dalam 10-pekan terakhir.

Investor tengah meneliti data ekonomi AS sebagai petunjuk terkait saat bank sentral akan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2006 lalu. Laporan yang dirilis pekan ini menunjukkan penjualan ritel stagnan pada bulan April, sementara klaim untuk tunjangan pengangguran jatuh ke level terendah dalam 15-tahun terakhir dan harga produsen menurun. Indeks Bloomberg Dollar Spot menhentikan penurunan dalam tiga hari terakhir untuk memangkas penurunan mingguan kelima yang menjadikan kemerosotan terpanjang sejak Oktober 2013 lalu.

Pengajukan aplikasi untuk pembayaran asuransi pengangguran turun 1.000 menjadi 264.000 pekan lalu yang mendorong rata-rata pengajuan aplikasi bulanan turun ke level terendah sejak April 2000 lalu, menurut laporan dari Departemen Tenaga Kerja data pada hari Kamis. Harga produsen tak terduga turun 0,4 persen pada April dari Maret, angka menunjukkan. Sebuah laporan dari Departemen Perdagangan pada hari Rabu menunjukkan penjualan ritel hampir tidak beranjak pada bulan April. (izr)

Sumber: Bloomberg