Emas Naik Untuk Hari Kedua Seiring Turun Kelevel 11 Pekan Terendahnya

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas naik untuk hari kedua di tengah spekulasi bahwa emas dekati level terendahnya sejak Juni lalu dapat mendorong pembelian emas seiring para investor menilai ketegangan di Ukraina dan biaya pinjaman AS meningkat.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebesar 0,3 persen ke level $ 1,273.51 per ons, dan ditransaksikan di level $ 1,272.95 pukul 11:22 waktu Singapura, menurut Bloomberg harga generik. Logam jatuh ke level $ 1,261.35 kemarin, level terendahnya sejak 17 Juni lalu, sebelumnya berakhir 0,3 persen lebih tinggi.

Emas telah rally 5,9 persen tahun ini terkait kerusuhan di Timur Tengah dan Ukraina mendorong permintaan safe haven. Presiden Rusia Vladimir Putin dan Petro Poroshenko kemarin menyepakati langkah-langkah untuk mengakhiri pertempuran di wilayah timur Ukraina yang berlangsung selama lebih dari lima bulan terakhir. Volume untuk kontrak berjangka di Shanghai mencapai level 5 pekan tertingginya pada 1 September kemarin.

Indeks Spot Dollar Bloomberg diperdagangkan mendekati level tertingginya sejak Januari lalu jelang rilis data besok yang mungkin menunjukkan payrolls AS meningkat untuk bulan ketujuh secara berturut-turut lebih dari 200.000 pada bulan Agustus lalu. (knc)

Sumber : Bloomberg