Emas Naik Terdukung Pelemahan Dollar

9c5136c0fcb93f6e7402a16a469189c7PT RIFAN FINANCINDO – Harga Emas menguat pada akhir perdagangan Selasa dinihari (10/01) terpicu pelemahan dollar AS dan pasar menilai kembali prospek ekonomi AS dengan Donald Trump dilantik sebagai Presiden pada akhir bulan ini.

Harga emas spot LLG naik 0,93 persen pada $ 1,183.61 per ons, sementara harga emas berjangka AS untuk pengiriman Februari ditutup $ 11,50 lebih tinggi pada $ 1,184.90.

Logam mulia ini turun lebih dari 12 persen pada kuartal terakhir sebagai kemenangan pemilu Trump mendorong ekspektasi bahwa kebijakan pajak dan belanjanya akan mendongkrak dolar dan inflasi, mendorong lebih tinggi kenaikan suku bunga AS.

Logam mulia yang mencatat kenaikan mingguan terbesar dalam dua bulan pekan lalu, kehilangan beberapa keuntungan pada hari Jumat setelah sebuah laporan payrolls AS mendukung pandangan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun ini, yang meningkatkan dolar AS.

Analis menyatakan banyak yang sudah memperkirakan kenaikan dolar, dan hal yang sama berlaku untuk emas. Orang-orang sekarang mengurangu kembali harapan mereka sampai mendapatkan bukti kuat percepatan dalam pertumbuhan ekonomi AS, atau bimbingan lebih lanjut dari pemerintahan baru pada apa rencana mereka, dan apakah mereka akan dapat memberikan sesuatu yang dekat dengan apa yang orang telah harapkan tersebut.

Arus keluar yang kuat dari emas terbesar di dunia yang didukung ETF telah berkurang akhir-akhir ini, sedangkan pembelian musiman di pasar emas Asia semakin besar, di mana India masuk dalam musim pernikahan dan China mendekati Tahun Baru Imlek.

Manajer hedge fund dan manajer uang memotong posisi bullish mereka di kontrak emas COMEX untuk minggu kedelapan di minggu hingga 3 Januari, mengambil kepemilikan mereka ke terkecil dalam 11 bulan, data menunjukkan pada hari Jumat. Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang meningkatkan biaya kesempatan memegang emas sementara meningkatkan dolar AS.

Perak naik 0,89 persen pada $ 16,63 per ons, sementara platinum adalah 0,71 persen lebih tinggi pada $ 973,75. Paladium naik 0,2 persen pada $ 757,95, setelah menyentuh lima-minggu tinggi pada $ 768,10. Rally lebih dari 11 persen pekan lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas untuk perdagangan selanjutnya berpotensi lemah pengaruh profit taking setelah menguat semalam. Namun jika permintaan terus meningkat di Tiongkok dan India dapat mengangkat harga emas. Harga emas diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,182-$ 1,180, namun jika harga naik akan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,186-$ 1,188.

PT Rifan Financindo