Emas Naik Pada Penutupan Perdagangan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Harga emas naik pada level tertingginya dalam sepekan terakhir pasca para pengusaha AS memangkas pekerja dari perkiraan bulan lalu, harga emas dapat meningkatkan tekanan pada The Fed untuk mempertahankan tingkat suku bunga rendah.

 

Payrolls naik sebesar 209.000 pada bulan Juli ini, menurut angka Departemen Tenaga Kerja menunjukkan hari ini. Perkiraan rata-rata yang disurvei oleh Bloomberg terhadap para ekonom menyerukan peningkatan sebesar 230.000. Tingkat pengangguran naik sebesar 6,2 persen dari 6,1 persen pada bulan Juni lalu.

 

Sementara Para otoritas The Fed pekan ini mengatakan bahwa mereka akan mempertahankan tingkat suku bunga rendah sampai upah tenaga kerja dan pengangguran meningkat. Tahun ini, emas menguat sebesar 7,7 persen, terkait sebagian mengkhawatirkan pemulihan perekonomian AS akan goyah.

 

Emas berjangka untuk pengiriman bulan Desember naik sebesar 0,9 persen ke level $ 1,294.80 per ons pukul 1:43 di Comex New York, yang merupakan kenaikan terbesarnya sejak 25 Juli kemarin. harga emas jatuh sebesar 3 persen pada Juli ini seiring ekuitas AS mengalami reli ke level terendahnya yang menurunkan permintaan untuk logam sebagai safe heaven.

 

Logam menguat sebesar 70 persen dari Desember 2008 sampai Juni 2011 lalu terkait The Fed membayar utang dan mengadakan biaya pinjaman. Tahun lalu, emas melemah sebesar 28 persen, yang merupakan level terbesarnya dalam tiga dekade terakhir, di tengah kekhawatiran bahwa bank sentral akan memangkas stimulus moneter seiring perekonomian AS mendapatkan kenaikan dan tingkat inflasi yang meredam. (knc)

 

Sumber : Bloomberg