Emas Naik ke 3-Bulan Tertingginya Terkait Peningkatan Permintaan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas naik ke level tertingginya tiga bulan karena investor yang masih terus mencari aset alternatif di tengah gejolak pada pasar keuangan. Saham Asia melemah dan minyak kembali pada aksi jualnya.

Bullion untuk pengiriman cepat naik sebanyak 0,2 persen menjadi $ 1,130.50 per ons, level tertingginya sejak 3 November lalu, dan diperdagangkan di $ 1,128.33 pada 9:11 pagi di Singapura, menurut Bloomberg generic pricing.

Emas memperpanjang reli tahun 2016-nya, didukung oleh permintaan pada aset safe haven dan meningkatnya spekulasi bahwa The Fed AS akan menunda menaikkan suku bunganya lebih lanjut. Investor menambahkan kepemilikan emas melalui dana yang diperdagangkan di bursa untuk ke sepuluh hari berturut-turut, pada 29 Januari kemarin.

Wakil Ketua The Fed Stanley Fischer mengatakan Senin kemarin bahwa sulit untuk mengukur dampak dari gejolak pasar baru-baru ini pada perekonomian AS serta ketidakpastian atas China, meninggalkan para pembuat kebijakan menjadi ragu-ragu tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.(mrv)

Sumber: Bloomberg