Emas Meredup Seiring Rally Ekuitas & Dollar

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Emas berjangka mengalami penurunan terbesarnya dalam seminggu terakhir seiring aksi dari pergerakan ekuitas dan mata uang dolar dapat mengurangi permintaan pada logam mulia sebagai investasi alternatif.

Saham AS dan Eropa menguat setelah bank sentral China memangkas persyaratan cadangan pemberi pinjaman terbesar sejak krisis keuangan global. Sementara itu, Dolar naik untuk pertama kalinya dalam sepekan terakhir terhadap 10 mata uang utama. Emas turun 2,5 % selama bulan Maret terkait mata uang dolar menguat pada bulan kesembilan. Sedangkan perak, platinum dan paladium melemah pada hari Senin.?Emas berjangka untuk pengiriman bulan Juni turun 0,8 % untuk menetap di level $ 1,193.70 per ons pada pukul 1:48 siang di Comex New York, yang merupakan penurunan terbesarnya untuk kontrak teraktif sejak 9 April lalu. Logam melemah selama tiga kuartal berturut-turut di tengah kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga.

Kebijakan moneter AS akan tetap akomodatif setelah bank sentral menaikkan suku bunga, yang kemungkinan terjadi pada tahun 2015 mendatang, Presiden Federal Reserve New York William C. Dudley mengatakan dalam sebuah pidato hari Senin di Bloomberg Amerika Moneter Summit.

Perak untuk pengiriman bulan Mei turun 2,1 % ke level $ 15,889 per ons di Comex. Sebelumnya, harga perak menyentuh level $ 15,82, yang merupakan level terendahnya sejak 19 Maret lalu.

Di New York Mercantile Exchange, platinum berjangka untuk pengiriman bulan Juli melemah 1,6 % ke level $ 1,148.80 per ons, penurunan terbesarnya sejak 30 Maret.

Palladium berjangka untuk pengiriman bulan Juni turun 1,3 % ke level $ 772,40 per ons, penurunan terbesarnya sejak 8 April lalu. (knc)

Sumber : Bloomberg