Emas Menuju Mingguan Terbaik dalam 4 Tahun seiring Kekhawatiran Terkontrol

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Melonjaknya harga emas sejak awal 2016 telah mengangkat harga ke tingkat tertinggi dalam satu tahun menyusul investor melarikan diri dari pasar beruang di saham global, melemahnya dolar dan dampak dari penyebaran suku bunga negatif.

Saham produsen termasuk Newcrest Mining Ltd dan Zijin Mining Group Co rally setelah bullion naik pada hari Kamis untuk berada di posisi $ 1,263.48 per ounce, yang merupakan level tertinggi sejak Februari 2015, menurut harga publik Bloomberg. Emas melemah pada hari Jumat, turun 1 persen ke level $ 1,233.79 pada pukul 12:05 siang waktu Singapura, namun logam masih di jalur untuk kenaikan mingguan terbesar sejak 2011, naik 5,2 persen.

Investor telah berbondong-bondong kembali ke emas setelah tiga tahun kerugian seiring gejolak di ekonomi global, termasuk di Cina, memukul harga saham. Turbulensi telah mengikis ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun ini, melehmahkan dolar dan menambah daya tarik emas. Gubernur bank sentral dari Tokyo ke Stockholm telah mengadopsi gagasan suku bunga negatif dan bahkan Ketua Fed Janet Yellen mengatakan pada hari Kamis bank sentral AS mengambil hal lain sebagai alat bantu, apabila ekonomi masih belum stabil. (sdm)

Sumber: Bloomberg