Emas Menguat Pasca Ekuitas Turun Terkait Konflik di Ukraina

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas berjangka naik ke tertinggi dua minggu pasca penurunan dalam ekuitas AS mendorong permintaan untuk investasi alternatif.

 

Indeks S&P 500 turun sebanyak 0,6 persen terhadap kekhawatiran bahwa meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina akan merugikan ekonomi global. Lebih banyak sanksi yang dapat diberikan jika Rusia tidak mengubah arah di Ukraina, pejabat Gedung Putih mengatakan hari ini.

 

Emas telah naik 9,2 persen dalam tahun ini akibat ketegangan di Eropa Timur dan kekerasan di Timur Tengah mendorong permintaan?safe haven. Bank Sentral Eropa mempertahankan tingkat suku bunga tidak berubah pada rekor terendah karena krisis Ukraina memperkuat?headwinds?dalam menghadapi pemulihan kawasan euro.

 

Emas berjangka untuk pengiriman Desember naik 0,3 persen untuk menetap di levl $ 1,312.50 per ons pada pukul 1:43 siang di Comex di New York. Sebelumnya, harga emas mencapai level $ 1,315.50, level tertinggi untuk kontrak teraktif sejak 22 Juli.

 

Reli tahun ini menduduki keuntungan yang lebih luas untuk indeks saham, obligasi dan komoditas. Bulan lalu, kepemilikan pada ETP berbasis emas mengalami kenaikan terbesar sejak November 2012.(frk)

 

Sumber : Bloomberg