Emas Menguat ke 3 Bulan Tertinggi Karena Inflasi Ebb Picu Spekulasi The Fed

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas menguat ke level tertinggi dalam lebih dari tiga bulan sebagai tanda-tanda lebih lanjut dari meredanya inflasi global melemahkan kasus bagi Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga AS.

Data inflasi konsumen China moderat, dan harga produsen memperpanjang rekor penurunan, menurut data pemerintah hari ini. Di AS, harga grosir meluncur pada bulan September yang terbesar sejak awal tahun ini, sementara penjualan ritel naik kurang dari perkiraan ekonom.

Emas telah naik lebih dari 5% dalam bulan ini, berada di jalur untuk kenaikan terbesar sejak Januari, sebagai bukti melemahnya perekonomian meningkatkan spekulasi bahwa The Fed akan menunda pengetatan kebijakan moneter tahun ini. Suku bunga yang lebih tinggi menekan daya tarik emas karena tidak membayar bunga.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember naik 0,9% ke level $ 1,175.70 per ons pada pukul 10:31 pagi di Comex New York, setelah menyentuh $ 1,178.70, level tertinggi sejak 30 Juni. Logam menuju keuntungan beruntun keempat.

Logam diperdagangkan di atas 200-hari pergerakan rata-rata, saat ini berada di $ 1,176.03, untuk pertama kalinya sejak bulan Mei.(frk)

Sumber: Bloomberg