Emas Menguat Ditengah Semakin Dalamnya Penurunan Ekuitas

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas naik ke level tertinggi dalam lebih dari sepekan terakhir dan investor mendorong kepemilikan dana bullion yang didukung karena gejolak pasar global mendorong permintaan untuk aset haven.

Logam naik sebanyak 1,9% di New York karena komoditas turun dan ekuitas dunia terhuyung di ambang bear market. Citigroup Inc menaikkan perkiraan untuk harga emas tahun ini, sementara pemangkasan prospek logam minyak dan berbasis logam. Biaya hidup di AS turun pada bulan Desember dan sektor perumahan mulai tiba-tiba merosot, data pemerintah menunjukkan Rabu.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari naik 1,6% untuk menetap di level $ 1,106.20 per ons pada 1:43 siang di Comex di New York, setelah menyentuh $ 1,109.90, level tertinggi sejak 8 Januari. Harga naik 4,3% tahun ini, yang merupakan kinerja terbaik dari 22 bahan baku pada Indeks Commodity Bloomberg.

Kepemilikan emas ETF naik untuk ketujuh kalinya dalam delapan sesi pada Selasa, dengan 1,511.8 metrik ton, level tertinggi sejak 6 November, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.(yds)

Sumber: Bloomberg