Emas Mempertahankan Posisinya Terkait Penurunan Ekuitas Global

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas mempertahankan posisinya dekat tiga bulan tertingginya terkait penurunan dalam ekuitas global dan minyak yang memicu permintaan safe haven, emas memperkuat posisinya sebagai komoditas dengan kinerja terbaik tahun ini karena investor mengurangi ekspektasi lebih jauh pada naiknya suku bunga AS.

Bullion untuk pengiriman cepat diperdagangkan di $ 1,127.66 per ons pada 09:38 pagi waktu Singapore dari $ 1,129.01 pada Selasa kemarin, ketika naik ke $ 1,131.08, yang merupakan level tertingginya sejak 3 November, menurut Bloomberg generic pricing. Logam ini telah mengungguli semua anggota lain dari Indeks Commodity Bloomberg tahun ini, naik sebesar 6,3 persen, terkait penurunan saham global sebesar 7,9 persen.

“Situasi pasar menunjukkan bahwa emas merupakan salah satu penerima manfaat dari perputaran pasar,” Bob Takai, CEO dan presiden Sumitomo Corporation Global Research Co., melalui telepon. “Saya tidak yakin jika The Fed benar-benar akan terus menaikkan suku bunga mereka untuk sisa tahun ini,” katanya, mengutip data pertumbuhan AS baru-baru ini.(mrv)