Emas Memperpanjang Pelemahan Dalam 2 Tahun Terakhir

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas bergerak lebih rendah pada Senin pagi, diperdagangkan mendekati lima setengah tahun terendah, setelah ekspektasi untuk kenaikan jangka pendek suku bunga AS terus memberikan tekanan kepada emas untuk lebih turun setelah bullion turun tajam sejak 2013 pada bulan Juli.

Spot emas turun 0,2% dan berada di level $ 1,092.80 per ons pada pukul 00:19 GMT. Logam jatuh ke level $ 1,079.50 pada hari Jumat sebelum pulih pada penutupan perdagangan. Hal tersebut membuat logam berada di dekat level bulan lalu di $ 1.077, terlemah sejak Februari 2010.

Bullion kehilangan hampir 7% pada bulan Juli, yang merupakan penurunan bulanan terbesar sejak Juni 2013.

Emas untuk pengiriman Desember tergelincir 0,2% ke level $ 1,092.50 per ons.

Hedge fund dan manajer keuangan mempertahankan sikap bearish pertama mereka di COMEX emas terhadap rekor selama pekan yang berakhir pada tanggal 28 Juli, menunjukkan eksodus massal terbaru dari bullion.

Penjualan koin emas American Eagle melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari dua tahun terakhir, menurut data dari US Mint, karena penurunan harga memacu pembelian besar-besaran di Amerika Serikat.

Di Asia, permintaan emas hampir tidak sebagus minggu lalu dengan banyak calon pembeli memprediksi penurunan harga lebih lanjut, menjaga premi stabil di wilayah pengkonsumsi emas terbesar di dunia.(frk)

Sumber: Reuters