Emas Kembali Meredup Dekati Level 3 Bulan Terendah

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas ditransaksikan di dekat level 3 bulan terendah seiring harapan yang berkembang bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga pada Desember mendatang, dengan pasar berjangka menunjukkan bahwa sebanyak dua pertiga dari investor mengharapkan bank sentral untuk bertindak pada pertemuan terakhir tahun ini.

Bullion untuk pengiriman segera sedikit berubah berada di level $ 1,089.96 per ons pada pukul 8:39 pagi di Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Harga bullion turun sebanyak 0,6 % ke level $ 1,085.44 pada hari Selasa, yang merupakan level terendahnya sejak 7 Agustus lalu, dan telah turun di hari ke-9 dari 10 hari terakhir.

Emas menuju penurunan tahunan ketiga seiring pemulihan ekonomi AS dari krisis keuangan meminta Federal Reserve untuk membawa kebijakan moneter kembali normal, dengan anggota yang berdebat ketika menaikkan suku bunga dan menekan neraca yang membengkak karena pembelian obligasi. Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan aksi jual pada bulan depan tetap menjadi kemungkinan, kasus tersebut didukung oleh meningkatnya data pekerjaan di Amerika. Dengan data kemarin yang menunjukkan bahwa China menghadapi ancaman deflasi, investor juga menunggu laporan dari ekonomi teratas di Asia pada Rabu ini, termasuk produksi pabrik. (knc)

Sumber : Bloomberg