Emas Kembali Lanjutkan Penurunan Seiring Outlook Kenaikan Suku Bunga AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas kembali lanjutkan penurunannya untuk hari keempat karena para investor melihat gejolak pasar pekan ini untuk fokus pada prospek kenaikan suku bunga AS.

Bullion untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,2 persen ke level $1,123.19 per ons dan ditransaksikan sedikit berubah pada level $1,125.53 pukul 8:16 pagi di Singapura, menurut harga generik Bloomberg. Emas turun telah anjlok sebesar 3,1 persen pekan ini.

Kenaikan suku bunga dapat meredam daya tarik emas karena tidak membayar bunga atau menawarkan pengembalian, dan para pedagang memperkirakan hampir 50 persen kemungkinan bahwa Federal Reserve akan mulai pengetatan pada akhir tahun. Presiden the Fed Bank of New York William Dudley mengatakan hari Rabu bahwa sementara kasus kenaikan suku pada bulan September kurang menarik di tengah gejolak baru-baru ini.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun sebanyak 0,2 persen ke level $1,122.30 per ons di Comex di New York. Perak untuk pengiriman segera berada di level $14,1438 per ons dari level $14,125 sehari sebelumnya, perak merosot ke level terendah sejak Agustus 2009 lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg