Emas Hapus Gain Di 2014, Outlook Suku Bunga Meningkatkan Dollar

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas jatuh ke level terendah delapan bulan karena outlook biaya pinjaman AS yang lebih tinggi sehingga dolar mengalami penguatan, sementara itu permintaan terhadap emas menurun. Perak merosot ke level terendah empat tahun dan platinum turun ke terendah tahun ini.

Emas untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,6% ke level $ 1,208.40 per ons, merupakan harga terendah sejak 2 Januari lalu. Logam mulia diperdagangkan pada level $ 1,213.38 pada 12:41 siang di Singapura, menurut harga Bloomberg.

Bullion menunju penurunan kuartalan pertama tahun ini karena Index Spot Dollar Bloomberg naik ke level tertinggi empat tahun dan para investor mengurangi kepemilikan pada produk yang diperdagangkan di bursa emas terbesar tersebut. Pejabat Federal Reserve pekan lalu menaikkan perkiraan suku bunga untuk tahun 2015 nanti, bahkan bank sentral berjanji untuk mempertahankan suku bunga rendah untuk waktu yang cukup.

Emas reli sebanyak $ 1,392.33 pada Maret karena meningkatnya ketegangan geopolitik, termasuk pencaplokan (aneksasi) Rusia atas wilayah Crimea Ukraina,??sehingga mendorong permintaan aset safe haven.?(yds)

Sumber: Bloomberg