Emas Global Ambil Untung dari Pelemahan Dolar AS

Emas Global Ambil Untung dari Pelemahan Dolar ASRIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas berjangka di COMEX New York Mercantile Exchange naik untuk sesi kedua berturut-turut. Emas mencoba mengambil posisi dolar Amerika Serikat (AS) yang melemah, menjelang penentuan kebijakan moneter the Federal Reserve.

Analis percaya bahwa penguatan emas didorong oleh dolar AS. Indeks dolar AS, turun 0,7 persen terhadap enam mata uang utama dunia, di tengah harapan bahwa Fed akan mengisyaratkan untuk mempertahankan suku bunga mendekati nol lebih lama lagi guna mendukung pemulihan ekonomi.

Dolar AS yang lebih lemah bisa menjadi positif untuk komoditas termasuk emas yang dihargakan dalam dolar, karena membuat mereka lebih murah bagi pengguna non-dolar, sementara dolar yang lebih kuat dapat menekan komoditas.

Pasalnya, kepercayaan konsumen AS turun pada April, jauh lebih rendah dari yang diharapkan. Melansir Xinhua, Rabu (28/4/2015), lembaga riset Conference Board yang berbasis, di New York, mengatakan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen Conference Board pada April tercatat 95,2 turun dari 101,4 pada Maret.

Akibatnya, kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni naik USD10,7 atau 0,89 persen menjadi USD1.213,90 per ounce. Perak untuk pengiriman Mei naik 19,7 sen atau 1,20 persen menjadi USD16,591 per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli bertambah USD5,2 atau 0,45 persen menjadi USD1.158,6 per ounce.

Sumber : okezone.com