Emas Catat Penurunan Terpanjang dalam Sebulan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Emas berjangka mencatatkan penurunan terpanjang dalam empat minggu terakhir setelah adanya laporan yang menunjukkan ekonomi AS pada kuartal pertama terkontraksi kurang dari perkiraan, didukung oleh keuntungan yang lebih besar dalam belanja konsumen.

Produk domestik bruto AS turun pada tingkat tahunan sebesar 0,2%, direvisi dari penurunan 0,7%, menurut data pemerintah hari Rabu. Konsumsi rumah tangga tumbuh 2,1%, naik dari perkiraan 1,8%. Setelah laporan itu, emas turun sebanyak 0,7% ke level $ 1,168.10 per ons, level terendah dalam dua pekan terakhir.

Logam telah turun dalam minggu ini setelah meningkatnnya peluang bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga acuan mengikuti kenaikan dalam perekonomian AS. Pada hari Selasa, data pemerintah menunjukkan pembelian rumah baru mengalami lonjakan tajam dalam tujuh tahun, sementara emas memberikan hak kepada pemilik untuk menjual berjangka untuk bulan Juli di kisaran $ 1.175, melonjak 52%.

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus turun 0,3% ke level $ 1,172.90 pada pukul 1:43 siang di Comex New York, penurunan keempat beruntun dan kemerosotan terpanjang sejak 27 Mei.(frk)

Sumber: Bloomberg