Emas Bertahan di Dekat 2-Minggu Terendah; Fokus Pada Rapat BOJ dan FED

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas sedikit berubah pada hari Selasa, dan diperdagangkan di dekat level terendah dari sesi terakhir di hampir dua minggu, dengan investor terfokus pada pertemuan kebijakan dari AS dan bank sentral Jepang.

Spot emas stagnan di 1,234.90 per ons pada pukul 00:40 GMT, sementara emas AS kehilangan 0,7 persen menjadi $ 1.236 per ons. Spot emas turun pada hari Senin ke $ 1,228.9, terendah sejak 2 Maret.

Kebanyakan investor mengharapkan Bank of Japan menahan kebijakan untuk tidak berubah pada hari Selasa, setelah Gubernur Haruhiko Kuroda mengatakan ia berharap untuk menghabiskan lebih banyak waktu menilai dampak perekonomian terhadap kebijakan suku bunga negatif yang diresmikan pada bulan Januari.

Pertemuan kebijakan dua hari Federal Reserve AS akan mulai pada hari Selasa dan diawasi sebagai petunjuk terkait kecepatan kenaikan suku bunga AS di masa depan.

Langkah lemah dalam emas selama dua sesi terakhir diikuti bouncing singkat Jumat ke tinggi 13-bulan setelah Bank Sentral Eropa mengisyaratkan mengakhiri penurunan suku bunga dan euro naik tajam terhadap dolar. Emas sangat sensitif terhadap kebijakan moneter dan mengakibatkan pergerakan mata uang.

SPDR Gold Trust mengatakan kepemilikan sahamnya jatuh 1,08 persen menjadi 790,14 ton pada hari Senin dari 798,77 ton pada hari Jumat. Dalam hal ons, kepemilikan jatuh ke 25,403,927.26 ons dari 25,681,155.43.

Hedge fund dan manajer keuangan meningkatkan posisi bullish emas COMEX mereka ke level tertinggi dalam 13 bulan dalam seminggu pada 8 Maret, kenaikan kedelapan dalam sembilan minggu terakhir, menurut data pada hari Jumat.(frk)

Sumber: Reuters