Emas Bersiap untuk Kerugian Mingguan Terbesar Sejak Juli Sebelum Data Pekerjaan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Emas menuju penurunan mingguan terbesar dalam lebih dari dua bulan seiring investor memperhatikan laporan nonfarm payrolls AS Jumat untuk sinyal pada kekuatan ekonomi, yang akan membantu menentukan kapan Federal Reserve menaikkan suku bunga.

Bullion untuk pengiriman segera berada di level $ 1,113.13 per ounce pada pukul 8:43 pagi waktu Singapura dari level $ 1,113.61 kemarin, menurut harga publik Bloomberg. Harga turun 2,9 persen minggu ini, yang terbesar sejak lima hari yang berakhir 24 Juli.

Data pekerjaan akan dicermati sebagai tanda-tanda apakah perlambatan China dan kekalahan kuartalan paling tajam di saham global sejak 2011 telah mengguncang pemulihan ekonomi AS. Laporan Departemen Tenaga Kerja diproyeksikan menunjukkan kenaikan gaji bergerak cepat bulan lalu dibandingkan dengan Agustus. Emas jatuh selama lima kuartal berturut-turut sampai 30 September seiring prospek tingkat suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik logam karena ketidakmampuannya membayar bunga. (sdm)

Sumber: Bloomberg