Emas Berjangka Catat Penurunan Terbesar dalam Tujuh Pekan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Penguatan ekuitas memacu investor untuk menghindari emas sehingga mengirim harga emas catat penurunan terbesar dalam tujuh pekan terakhir.

Sebagai parar pedagang mengurai data ekonomi untuk petunjuk tentang apakah pertumbuhan ekonomi AS cukup cepat untuk menjamin kenaikan suku bunga, kenaikan pasar saham mengurangi daya tarik emas sebagai investasi alternatif. Logam meredup, dan itu sudah berlangsung hampir dua pekan sejak harga berlanjut bergerak di kedua arah selama lebih dari satu hari, periode terpanjang sejak September lalu, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.

Harga emas berfluktuasi pasca rilis laporan pekan ini yang menunjukkan data yang saling bertentangan di pasar perumahan AS dan pesanan untuk peralatan bisnis. Federal Reserve memulai akan memulai pertemuan kebijakan selama dua hari pada tanggal 28 April mendatang. Kenaikan tingkat suku bunga dapat mengurangi daya tarik emas, yang biasanya hanya menawarkan keuntungan jika harga naik, memacu investor untuk beralih ke aset dengan prospek hasil yang lebih baik seperti saham dan obligasi.

Di Comex, emas berjangka untuk pengiriman Juni merosot 1,6 persen menetap di $1.175 per ons pada pukul 1:43 siang di New York, penurunan terbesar sejak 6 Maret lalu. Harga emas memperpanjang penurunannya pasca Indeks Nasdaq memperpanjang rally ke rekor baru tertingginya. (izr)

Sumber: Bloomberg