Eksport Jepang Menguat Melebihi Perkiraan

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Eksport Jepang naik melebihi perkiraan analis di bulan April, memberikan dukungan untuk perekonomian yang terekspansi dalam dua kuartal berturut-turut setelah masa resesi tahun 2014 yang lalu.

Jumlah pengiriman ke luar negeri naik 8% dari tahun sebelumnya, kata Menteri keuangan pada hari Senin, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata untuk kenaikan 6%. Import Jepang mengalami penurunan 4.2%, membuat defisit perdagangan 53.4 miliar yen ($ 440 juta). Eksport Jepang melebihi import di bulan Maret untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun terakhir.

Penguatan pembangunan dalam perusahaan eksportir yang besar menjadi salah satu kunci penguatan kebijakan ekonomi Perdana Menteri Shinzo Abe setelah penurunan yen meningkatkan daya saing dalam produk Jepang ke luar negeri.

Pengiriman ke Amerika Serikat meningkat 21%, dank e China naik 2.4% dari tahun sebelumnya.

Ekonomi Jepang terekspansi 0.6% pada kuartal sebelumnya dalam tiga bulan terakhir sampai di bulan Maret, mengalahkan perkiraan, dengan ekport bersih mengambil 0.2 persentase point dari pertumbuhan.

IMF mengatakan bahwa ekonomi Jepang akan tumbuh sekitar 1% dalam tahun 2015 dan 1.25% di tahun 2016 untuk memulihkan eksport dan penguatan konsumsi domestik dalam pernyataannya.(frk)

Sumber: Bloomberg