Ekspor China di Bulan Desember Secara Tak Terduga Naik

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Ekspor China di bulan Desember secara tak terduga naik, sementara penurunan ekspor dimoderasikan, yang menunjukkan bahwa dimulainya pelemahan mata uang untuk meningkatkan daya saing terhadap negara terbesar perdagangan di dunia.

Pengiriman ke luar negeri meningkat 2,3 % pada bulan Desember dari segi yuan di tahun sebelumnya, menurut laporan dari administrasi kepabeanan, Rabu. Itu dibandingkan dengan penurunan 3,7 % di bulan November. Sektor impor memperpanjang penurunan hingga 14 bulan terakhir, jatuh 4 % dalam mata uang yuan, dibandingkan dengan penurunan 5,6 % di bulan sebelumnya, menjadikan surplus perdagangan sebesar 382 miliar yuan ( $ 58 miliar ).

Data menunjukkan pelemahan yuan memacu pemilihan di ekspor nasional dan dapat mengurangi tekanan terhadap pelemahan mata uang lebih lanjut. Sementara, sebuah konstruksi perumahan berlangsung melambat, melebihi kapasitas dan harga yang lebih rendah untuk bahan baku tetap menjadi hambatan pada sektor impor. (knc)

Sumber : Bloomberg