Ekonomi AS Menyusut pada Triwulan I, Tertajam Dalam Lima Tahun

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Ekonomi AS mengalami kontraksi terbesar pada kuartal pertama sejak kedalaman resesi terakhir pasca belanja konsumen mereda.

Produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat turun pada tingkat tahunan sebesar 2,9 persen, lebih dari perkiraan dan pembacaan terburuk sejak tiga bulan yang sama pada tahun 2009, setelah sebelumnya dilaporkan turun 1 persen, menurut data Departemen Perdagangan hari ini di Washington. Ini menandai revisi downward? terbesar dari perkiraan PDB kedua oleh badan pemerintah sejak pencatatan dimulai pada tahun 1976, terutama berutang untuk perlambatan pengeluaran perawatan kesehatan.

Konsumen kembali ke toko dan dealer mobil, perusahaan menempatkan lebih banyak pesanan untuk peralatan dan manufaktur naik seiring suhu hangat, mengindikasikan penurunan awal tahun adalah sementara. Dikombinasikan dengan gain pekerjaan yang lebih banyak, data tersebut menggarisbawahi pandangan bagi para pembuat kebijakan Federal Reserve bahwa ekonomi membaik dan membutuhkan kurang lebih stimulus moneter.

Laporan lain menunjukkan pesanan barang tahan lama turun 1 persen pada bulan Mei setelah naik 0,8 persen. Penurunan ini adalah yang pertama dalam empat bulan.(frk)

Sumber: Bloomberg