PT Rifan Financindo ~ Dollar & Saham Jepang Gain Terkait BOJ

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO – Dolar lanjutkan penguatan minggu kedua terhadap yen di tengah spekulasi pembuat kebijakan Federal Reserve berada di jalur untuk meningkatkan suku bunga sedangkan Bank of Japan akan menambah stimulus pada pertemuan masing-masing minggu ini.

Yen menjadi mata uang paling lemah di antara 16 mata uang utama greenback bulan ini. 32 dari 41 responden yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan BOJ akan menurunkan pengetatan kebijakan moneter dalam pertemuan pada 28-29 Juli nanti. Hedge fund dan spekulan besar lainnya menguatkan posisi net yang akan mendapat manfaat dari dolar yang lebih kuat terhadap delapan mata uang utama dalam satu bulan, menurut Komisi Perdagangan Komoditi Berjangka.

Dolar naik 0,2 persen ke level ? 106,35 pada pukul 06:09 siang waktu London, meneruskan kenaikan 5,6 persen dalam dua minggu terakhir. Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak mata uang terhadap 10 mata uang utama, sedikit berubah setelah mencatatkan minggu terbaik dalam dua bulan dengan naik sebesar 0,8 persen.

Saham Tokyo beara di wilayah positif, mengikuti kenaikan dalam ekuitas AS, menyusul pemilik dana menantikan keputusan kebijakan moneter dari Bank of Japan pekan ini dan menimbang pendapatan perusahaan. Nintendo Co anjlok setelah merilis pernyataan bahwa dampak keuangan dari game Pokemon Go nya akan terbatas.

Indeks Topix naik 0,4 % ke level 1,332.11 pada jeda siang perdagangan di Tokyo hari ini, sementara Nikkei 225 Stock Average menguat 0,4 %. BOJ diperkirakan akan menambah stimulus pada akhir pertemuan dua hari mereka pada tanggal 29 Juli nanti, dengan sebagian besar ekonom yang disurvei Bloomberg News memperkirakan pelonggaran kebijakan akan dilakukan. The Fed juga dijadwalkan bertemu minggu ini untuk memberikan kebijakannya pada tingkat suku bunga. S & P 500 Index naik ke posisi tertinggi terbaru pada hari Jumat di saat hasil pendapatan yang positif.

Pedagang juga mengamati laporan laba perusahaan Jepang, dengan banyaknya jumlah perusahaan yang melaporkan di puncak laporan laba pekan ini. SoftBank Group Corp, Sony Corp, dan Panasonic Corp menjadi beberapa perusahaan yang akan merilis posting laba mereka. Laba per saham untuk perusahaan di Topix diprediksi akan meningkat 19 % dalam 1 tahun ke depan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

(Pt Rifan Financindo Berjangka)

Sumber: Bloomberg

Pt Rifan Financindo