Dollar Dekati Level tertinggi Agustus Terkait Komentar Yellen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Dolar berada di dekat level tertinggi sejak Agustus pasca Ketua Federal Reserve Janet Yellen dan Presiden Fed New York William Dudley mengatakan bank sentral bisa meningkatkan suku bunga segera bulan depan.

Greenback telah meningkat terhadap semua dari 10 rekan-rekan negara maju bulan ini seiring prospek Fed akan mengetatkan kebijakan kontras dengan spekulasi bahwa otoritas moneter akan mempertahankan pelonggaran di Eropa, Jepang dan Australia. Futures menunjukkan kemungkinan dari lepas landas Fed untuk menaikan suku bunga pada bulan Desember naik menjadi 58 persen untuk pertama kalinya sejak September setelah data aktivitas bisnis dan laporan kerja swasta mengalahkan ekspektasi pada hari Rabu. Mata uang Australia turun untuk hari kedua setelah harga komoditas turun.

Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak mata uang AS terhadap 10 dari rekan-rekannya, sedikit berubah pada level 1,217.23 pada pukul 09:19 siang waktu Tokyo, setelah menguat 0,7 persen di New York. Mencapai level 1,219.81 pada 28 Oktober, yang ?tertinggi sejak 7 Agustus. Greenback tidak berubah pada level $ 1,0866 per euro, setelah menyentuh level $ 1,0844 pada hari Rabu, terkuat sejak 21Juli. Aussie melemah 0,2 persen ke level 71,37 sen AS. (sdm)

Sumber: Bloomberg