Dolar Tetap Berada Didekat Level Tertinggi Dalam Satu Dekade Terakhir

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Dolar tetap berada di dekat level tertinggi dalam satu dekade terakhir terhadap mitra utama karena para pedagang melihat ke saham sebagai ukuran sentimen risiko untuk menahan suku bunga AS yang lebih tinggi.

Greenback kemarin mencapai level 6 bulan tertinggi terhadap euro terkait di pasar harga kemungkinan Bank Sentral Eropa memperluas stimulus pada bulan depan menjelang pertemuan Federal Reserve. Kemungkinan para pembuat kebijakan AS menaikkan suku bunga pada Desember mendatang setelah pertemuan bulan Oktober melihat kenaikan terbesar dalam data penggajian tahun ini, mengalihkan fokus pasar apakah aset berisiko cukup tangguh untuk kenaikan suku bunga untuk pertama kalinya sejak Juni 2006. Dolar menguat 1 % terhadap 10 mata uang utama negara berkembang pada bulan ini.

Indeks Spot Dollar Bloomberg, yang melacak greenback terhadap 10 mata uang utama lainnya, turun 0,1 % ke level 1,231.06 pada pukul 09:43 pagi waktu Tokyo, kemarin menghapus keuntungan 0,1 %, ketika menyentuh level tertinggi dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Mata uang AS turun 0,1 % ke level $ 1,0739 per euro setelah penutupan kemarin pada level tertinggi sejak 15 April lalu. Mata uang AS telah memperoleh 2,5 % terhadap mata uang tunggal bulan ini. Ini sedikit berubah pada level 123,09 ?. (knc)

Sumber : Bloomberg