Dolar Tembus Level Tertingginya Dalam 12 Tahun Terhadap Yen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA -?Dolar menguat ke level tertingginya dalam 12-tahun terakhir terhadap yen seiring Federal Reserve akan menaikkan suku bunga tahun ini sementara pembuat kebijakan Jepang dan Eropa tetap mempertahankan stimulus moneternya.

Greenback menghentikan kerugian dalam tiga hari terakhir terhadap euro pasca rilis data manufaktur AS bulan lalu yang menunjukkan peningkatan melebihi dari perkiraan. Bank Sentral Eropa, yang berencana untuk memulai pembelian obligasi, mengadakan pertemuan kebijakan pada 3 Juni mendatang. Euro sedikit tertekan seiring pertemuan kreditur Yunani di Berlin.

Dolar naik sebesar 0,6 persen ke level 124,84 yen pukul 03:11 waktu New York, mencapai level tertinggi sejak 2002 lalu. Sementara itu, Dolar terapresiasi 0,5 persen ke level $1,0934 per euro.

The Fed ingin menaikkan biaya pinjaman tahun ini pasca mempertahan suku bunga di hampir mendekati nol sejak akhir 2008 lalu. Suku bunga akan “merangkak” lebih tinggi, Wakil Ketua The Fed Stanley Fischer, mengungkapkan pada hari Senin. (izr)

Sumber: Bloomberg