Dolar Naik VS Yen Ditengah Outlook Lebih Dari kenaikan Suku Bunga AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Dolar menguat terhadap yen, didukung oleh outlook lebih dari kenaikan suku bunga AS karena pasar mulai mereda menjelang liburan akhir tahun.

Indeks dolar naik 0,7% pekan lalu, yang merupakan kenaikan tertajam sejak awal November, setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2006. Indeks berjangka menunjukkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada April menjadi 50%. Euro sedikit berubah karena hasil dari pemilu Spanyol pada hari Minggu yang membiarkan negara tanpa pemerintahan mayoritas yang jelas setelah Partai Rakyat Perdana Menteri Mariano Rajoy kehilangan lebih dari sepertiga dari dukungannya.

Greenback menguat 0,1% menjadi ?121,25 pada 08:39 pagi di Tokyo setelah jatuh 1,1% pada hari Jumat. Mata uang AS tidak berubah pada $ 1,0868 per euro dari 18 Desember ketika jatuh sebanyak 0,4%.

Indeks Bloomberg Dollar Spot, yang melacak mata uang terhadap 10 mata uang utama, sedikit berubah pada 1,234.77. Indeks itu mencapai yang tertinggi dalam data akan kembali lebih dari 10 tahun pada 17 Desember setelah anggota Komite Pasar Terbuka Federal suara bulat memutuskan untuk menaikkan patokan dari rekor rendah.

Sumber: Bloomberg