Dolar Naik Ke level Sembilan Bulan Tertinggi Terhadap Euro; Kiwi Merosot

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Dolar naik ke level terkuat dalam hampir sembilan bulan terakhir terhadap euro seiring tanda-tanda menguatnya perekonomian AS dan ekskaliasi ketegangan di Ukraina mendorong daya tarik aset Amerika.

Indeks mata uang AS naik ke level tertingginya sejak Februari lalu pasca Presiden Federal Reserve Bank of Dallas Richard Fisher kemarin mengatakan pihak otoritas menjadi lebih “hawkish” dan rilis data menunjukkan pesanan pabrik dan kegiatan pelayanan meningkat. Euro melemah karena pesanan pabrik Jerman secara tak terduga menurun. Dolar Selandia Baru merosot ke level terendahnya dalam dua bulan terakhir setelah pertumbuhan pekerjaan melambat lebih dari perkiraan ekonom dan harga susu turun.

Dolar menguat sebesar 0,1 persen ke level $1,3362 per euro pukul 7:23 di London pasca menguat ke level $1,3349, terkuat sejak 11 November lalu. Mata uang AS bergerak mendatar pada level 102,57 yen. Euro turun 0,1 persen ke level 137,06 yen.

Indeks Spot Dollar Bloomberg, yang melacak mata uang AS terhadap 10 mata uang utama, naik 0,1 persen ke level 1,023.59 setelah naik ke level 1,024.01 kemarin, level tertinggi sejak 13 Februari lalu.?(izr)

Sumber: Bloomberg