Dolar Menuju Gain Mingguan Versus Yen

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Dolar siap untuk gain mingguan back-to-back pertama terhadap yen sejak Januari terkait spekulasi bahwa Federal Reserve akan dial ke kekhawatiran tentang ekonomi global pada pertemuan kebijakan berikutnya.

Sebuah mengukur greenback rebound dari level terendah 10-bulan yang dicapai pada hari Selasa karena meningkatnya peluang bahwa pembuat kebijakan AS akan menaikkan biaya pinjaman pada akhir tahun, dan klaim pengangguran secara tak terduga turun ke level terendah sejak 1973. FOMC akan bertemu pada tanggal 26-27 April di Washington. Sementara dolar telah naik dalam lima hari terakhir terhadap mata uang safe haven seperti franc Swiss dan yen, dolar melemah terhadap tujuh dari sekelompok 10 rekan-rekan karena harga komoditas dan aset emerging-market mengalami rebound.

Dolar telah naik 0,6 persen sejak 15 April ke 109,40 yen pada pukul 11:03 siang di Tokyo, dibangun di atas kenaikan 0,6 persen pekan lalu. Turun 0,1 persen pada hari Jumat. Terhadap euro, greenback turun 0,1 persen dari hari Kamis dan minggu ini menjadi 1,13.

Indeks Bloomberg Dollar Spot telah reli dari level terendah 10-bulan pada 19 April, memangkas penurunan lima hari menjadi 0,3 persen. Indeks mata uang AS terhadap 10 mata uang utama menuju penurunan mingguan keempat beruntun.(frk)

Sumber: Bloomberg