Dolar Menguat 0,7% Menjelang Data Tenaga Kerja AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Dolar siap untuk kenaikan mingguan pertama terhadap 16 mata uang utama sejak pertengahan Maret menjelang laporan tenaga kerja AS pada Jumat ini yang dapat menunjukkan apakah ekonomi cukup kuat untuk biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Sebuah indeks dolar Bloomberg juga menuju kenaikan mingguan terbesar dalam enam bulan setelah pejabat The Fed yang disarankan untuk meningkatkan suku bunga bisa terwujud pada pertemuan Juni nanti. Kepala The Fed St. Louis Fed James Bullard, John Williams dari San Francisco, Robert Kaplan dari Dallas dan Dennis Lockhart dari Atlanta semua menekankan dalam sambutan terpisah hari Kamis bahwa kebijakan akan tergantung data.

Mata uang AS naik 0,7 persen minggu ini ke 107,29 yen pada 10:02 pagi di Tokyo, naik dari penurunan 4,7 persen pada periode lima hari sebelumnya. Mata uang ini naik 0,5 persen menjadi $ 1,1397 per euro sejak 29 April lalu.

Indeks Bloomberg Dollar Spot, yang mengikuti greenback terhadap 10 rekan-rekan mata uang utama lainnya, telah menguat sebesar 1,3 persen minggu ini, terbesarnya sejak periode yang berakhir 6 November lalu. Indeks tersebut menyentuh level terendah satu tahunnya pada 3 Mei kemarin.(mrv)

Sumber: Bloomberg