Dolar Masih Berada di Dekat Level Tertinggi Spekulasi Pergerakan Fed Rate

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Dolar mempertahankan posisi di dekat level tujuh bulan tertinggi mereka terhadap euro menjelang laporan dari pertemuan Oktober Federal Reserve, saat pembuat kebijakan mengisyaratkan potensi untuk kenaikan suku bunga tahun ini.

Greenback naik pada hari Selasa setelah data menunjukkan inflasi AS dan produksi pabrik meningkat bulan lalu, memperkuat kasus untuk lepas landas secepat mungkin pada pertemuan berikutnya Fed pada 15-16 Desember dilakukan. Hal ini berada pada level terkuat dalam 12 tahun seiring Ketua Janet Yellen dan anggota Komite Pasar Terbuka Federal lainnya sudah membuat banyak pernyataan bulan ini bahwa mungkin tepat untuk mengakhiri suku bunga di dekat nol pada saat itu. Pedagang berjangka menempatkan peluang tindakan pada akhir tahun pada 66 persen.

Dolar sedikit berubah pada level $ 1,0644 per euro pada pukul 9:33 pagi waktu Tokyo, setelah mencapai $ 1,0631 pada hari Selasa, level terkuat sejak 16 April. Mata uang AS dibeli di level ? 123,40 dari level 123,45 di New York, setelah kenaikan dua hari sebanyak 0,7 persen.

Dollar Spot Index, yang melacak nilai greenback terhadap mata uang utama, naik 0,2 persen ke level 99,631 pada Selasa, yang merupakan level penutupan tertinggi sejak 13 Maret.

Kemungkinan lepas landas Desember telah meningkat dari probabilitas 50 persen pada akhir Oktober, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg berjangka. Perhitungan ini didasarkan pada asumsi bahwa suku bunga The Fed yang efektif rata rata 0,375 persen setelah kenaikan pertama. (sdm)

Sumber: Bloomberg