Dolar Capai Level Tertinggi VS Yen Sejak 2008

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Mata uang dolar naik ke level tertingginya dalam enam tahun terakhir terhadap yen terkait laporan yang menunjukkan bahwa penjualan ritel AS naik ke level tertingginya dalam empat bulan yang berakhir pada bulan Agustus kemarin, sehingga membuat Federal Reserve untuk meningkatkan suku bunga di AS.

Dolar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pekan ini di tengah perkiraan bahwa The Fed akan mempercepat kenaikan suku bunga pada pertemuan yang akan dilaksanakan pekan depan dan merubah laju suku bunga AS.?Mata uang euro menghapus penurunan mingguannya pasca rating kredit Standard & Poor naik di Yunani, sementara di Brasil kredit Standard & Poor menuju minggu terburuk dalam setahun. Mata uang rubel turun karena Uni Eropa dan AS memberikan sanksi baru terhadap Rusia.

Mata uang dolar naik sebesar 0,2 persen ke level107,31 yen pada pukul 14:57 siang di New York dan menyentuh level 107,39, merupakan level tertingginya sejak 22 September 2008 silam, Mata uang euro menguat sebesar 0,4 persen ke level 138,94 yen

Mata uang euro naik sebesar 0,2 persen ke level $ 1,2948 dan menyentuh level $ 1,2979, merupakan level tertingginya dalam seminggu terakhir. Mata uang yen turun pada 9 September kemarin ke level $ 1,2860, merupakan level terendahnya sejak Juli 2013 lalu. (vck)

Sumber: Bloomberg