Dolar Australia Mendekati US74c

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Kemenangan beruntun dolar Australia menyentuh sembilan sesi semalam, dengan unit yang mencapai tertingginya dua bulan dalam proses. Pada pukul 06:30 pagi (AEDT), mata uang tersebut diperdagangkan pada US73.60c, naik dari sebelumnya US73.35c pada penutupan perdagangan lokal, Senin.

Selama sesi perdagangan mata uang tersebut mencapai puncaknya pada US73.84c, yang merupakan nilai tertingginya sejak pertengahan Agustus lalu.

Naiknya harga komoditas telah mendorong keuntungan ditengah kegelisahan sekitar perekonomian China yang meringankan sedikit dan penambang menunjukkan tanda-tanda pemangkasan produksi.

Aksi itu terjadi di tengah pelemahan dolar AS secara luas karena ekspektasi kenaikan suku bunga dalam negara dengan perekonomian terbesar di dunia tersebut diturunkan.

Semalam, logam dasar memperpanjang kenaikannya yang kuat baru-baru ini, meskipun penurunan dalam harga minyak membatasi keuntungan pada unit lokal di akhir sesi perdagangan.

Sembilan hari mencetak kemenangan beruntun merupakan hasil positif terpanjang dari dolar Australia selama lebih dari enam tahun.(mrv)

Sumber: Businessspectator