Busa AS Ditutup Melemah

wall-streetRIFAN FINANCINDO – Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street ditutup melemah pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat, karena adanya pernyataan saling bertentangan seputar kemungkinan kesepakatan perdagangan antara Amerika Serikat dan China. Sementara itu, laporan pendapatan Apple dan Facebook melampaui perkiraan sebelumnya.

Sinyal beragam soal perang dagang membuat investor lebih berhati-hati setelah laporan Bloomberg menginformasikan bahwa pejabat China meragukan tentang kemungkinan kesepakatan perdagangan dalam jangka panjang yang komprehensif dengan Presiden AS Donald Trump.

Sedangkan Trump kemudian mengatakan kedua negara akan segera mengumumkan kesepakatan perdagangan “Fase Satu” yang akan ditandatangani di Chili. Namun rencana itu batal diana pertemuan puncak akan dilakukan pertengahan November.

Adapun tiga indeks utama Wall Street, Dow Jones Industrial Average turun 140,46 poin atau 0,52% menjadi 27.046,23. S&P 500 kehilangan 9,21 poin atau 0,30% menjadi 3.037,56 dan Nasdaq Composite turun 11,62 poin atau 0,14% menjadi 8.292,36.

Penurunan tersebut merupakan yang kedua untuk S&P 500 dalam tujuh hari terakhir, setelah indeks acuan mencatat rekor tertinggi dalam tiga sesi terakhir dan rekor penutupan dalam dua dari tiga hari terakhir. Demikian dikutip dari Reuters, Jumat (1/11/2019).

Sektor industri yang sensitif terhadap perdagangan SPLRCI kehilangan 1,14%, sementara pembuat chip yang terpapar perang dagang juga jatuh, indeks Philadelphia Semiconductor SOX turun 0,62%.

Meski demikian, pasar mendapat sentimen positif dari kenaikan saham Apple Inc sebesar 2,26%, setelah pembuat iPhone memperkirakan penjualan untuk kuartal belanja liburan menjelang ekspektasi. Facebook Inc naik 1,81% setelah melaporkan kenaikan pengguna di pasar yang menguntungkan dan kenaikan ketiga berturut-turut dalam pertumbuhan penjualan triwulanan .

Data pada Kamis menunjukkan kenaikan marginal dalam pengeluaran konsumen pada bulan September, menimbulkan keraguan pada kemampuan konsumen untuk terus mendorong perekonomian, pilar utama dari lingkungan ekonomi saat ini.

Di antara saham lainnya, Estee Lauder Cos Inc turun 3,62% setelah pembuat kosmetik memangkas perkiraan untuk laba setahun penuh. Kraft Heinz Co melonjak 13,44% karena perusahaan makanan kemasan mengatakan akan membelanjakan lebih banyak untuk pemasaran merek-merek utama tahun depan, setelah melaporkan laba kuartal ketiga yang lebih baik dari perkiraan.

 

Sumber : okezone

Leave a Reply