Bursa Shanghai Berakhir Lemah | PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (11/08), indeks Shanghai berakhir turun -16,07 poin, atau -0,53 persen, ke 3002.67. Pelemahan Indeks Shanghai tertekan penurunan harga minyak mentah yang menyeret saham-saham sumber daya merosot.

Harga minyak mentah jatuh pada perdagangan Kamis pagi di sesi Asia dengan peningkatan dalam persediaan minyak mentah AS dan rekor produksi Arab Saudi membebani pasar.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan pada $ 41,34 per barel pada 20:32 ET, turun 37 sen, atau 0,9 persen, dari pemukiman terakhir mereka. Harga minyak mentah berkangka patokan Internasional Brent berada di $ 43,72 per barel, turun 33 sen, atau 0,8 persen.

Pasar Saham Tiongkok membalikkan keuntungan sebelumnya pada hari Kamis karena koreksi tajam saham sumber daya dan kapital kecil menyeret indeks utama lebih rendah, meskipun keuntungan dalam saham keuangan.

Indeks sebelumnya telah didukung oleh sektor keuangan, yang naik di tengah kegembiraan oleh akuisisi dari saham di New China Life Insurance.

Asuransi Tiongkok mengatakan lima perusahaan yang dikendalikan oleh Guo Guangchang, Ketua miliarder dari Fosun Group, telah mengakuisisi saham gabungan 5,01 persen di perusahaan asuransi Tiongkok.

Pedagang juga mengatakan imbal hasil obligasi yang lebih rendah telah mendorong uang ke-valuasi rendah, meningkatkan pembelian saham blue-chip.

Namun saham bahan baku kehilangan 1,5 persen setelah sesi yang kuat baru-baru ini, sementara saham energi merosot karena harga minyak anjlok.

Esok hari akan banyak data ekonomi Tiongkok yang dirilis. Data New Yuan Loans Juli, Outstanding Loan Growth YoY Juli, Money Supply M2 YoY Juli, Fixed Asset Investment YoY Juli, Produksi Industri YoY Juli, Retail Sales YoY Juli, yang semuanya diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak melemah jika ekonomi Tiongkok yang dirilis terealisir melemah. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2928-2827 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3121-3229. – PT RIFAN FINANCINDO

PT RIFAN FINANCINDO