Bursa Saham Jepang Menguat Jelang Rilis Data Payroll AS

RIFAN FINANCINDO BERJANGKA – Saham Jepang naik, memangkas rentetan pelemahan mingguan terpanjangnya pada indeks Topix sejak Februari 2014, karena investor menunggu rilis laporan pekerjaan AS guna memberikan petunjuk terakhir mengenai keadaaan ekonomi terbesar dunia teersebut sebelum Federal Reserve melakukan pertemuan selanjutnya.

Topix naik 0,5% menjadi 1,482.38 pada 09:01 pagi di Tokyo, menuju untuk penurunan 4,4 pekan ini, yang merupakan penurunan mingguan keempat secara beruntun. Dengan lima dari 33 sub industri naik. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,5% menjadi 18,276.16.

Indeks berjangka Standard & Poor 500 naik 0,1% setelah Indeks inti naik 0,1% kemarin. Pasar AS ditutup pada Senin untuk liburan. Indeks Stoxx Europe 600 menguat 2,4% setelah Presiden Mario Draghi mengatakan ECB akan memperluas ruang lingkup stimulus moneter di tengah tanda-tanda perlambatan di wilayah tersebut.

Sementara di AS laporan nonfarm payrolls untuk Agustus merupakan data utama terakhir yang menjadi dasar pertemuan The Fed pada 16-17 September untuk membahas waktu kenaikan pertama suku bunga acuannya. Laporan kemarin menunjukkan klaim pengangguran AS naik lebih dari perkiraan pekan lalu, sementara Indeks industri jasa melayang tepat di bawah level tertinggi 10-tahun.(yds)

Sumber: Bloomberg